Perbedaan layar HD, Full HD, Ultra HD dan jenis ukuran layar lainnya terbaru

Tags
kode iklan



Pemahaman tentang macam dan jenis layar penting bagi kamu untuk ketahui, karena sekarang ini teknologi layar tidak hanya digunakan di smartphone saja melainkan juga seperti di laptop, monitor komputer, LED smart TV dan lain sebagainya. Kualitas layar patut dipertimbangan karena hal ini menyangkut kepuasan dan kenyamanan dalam memandang layar nantinya.

Perbedaan layar HD, Full HD, Ultra HD dan jenis ukuran layar lainnya
Saya pribadi pun sempat menyesal lantaran kurang pahamnya tentang teknologi dan spesifikasi layar monitor, beberapa waktu yang lalu saya sempat membeli laptop dengan ukuran layar 15,6 inch dan niatnya pun sebenarnya untuk gaming. Sayangnya saya memilih laptop dengan spesifikasi layar HD, padalah nambah biaya sedikit lagi dapat yang Full HD yang mana pixelnya lebih rapat sehingga gambar menjadi lebih tajam.
Ukuran layar erat kaitannya dengan PPI atau Pixel Density, yakni tingkat kerapatan pixel layar. Jadi semakin rapat pixel sebuah layar maka nilai PPI nya semakin tinggi selain itu memperhitungkan ukuran layar itu sendiri juga. Semakin rapat pixel layar maka semakin tajam gambar yang dihasilkan, semakin tajam tentu semakin jelas dan puas tampilannya.
Nah berikut ini beberapa jenis layar dari qHD, HD, FHD, UHD hingga layar terbaru 8K serta kisaran harga layar monitor di pasaran.

qHD

qHD adalah quarter HD kualitas layar dengan resolusi 960 x 540. qHD atau seperempat HD ini merupakan jenis layar yang penggunaannya sudah mulai jarang sekarang ini terutama untuk produksi layar monitor. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar ratusan ribu rupiah.

HD

HD adalah layar dengan resolusi pixel 1280 x 720 dan tipe layar ini umum digunakan saat ini. HD merupakan singkatan dari High Definiton. Resolusi 1280 x 720 umum digunakan di layar monitor dengan ukuran 14 hingga 15 inch dengan rasio 16:9, sering disebut juga dengan layar 720p. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 1 jutaan.

WXGA

WXGA adalah layar dengan resolusi pixel 1366 x 768 dan umum digunakan di layar monitor dengan ukuran 14 hingga 15 inch dengan rasio 16:9. Sekilas tampilan dari layar WXGA dan HD ini tidak berbeda jauh meskipun kualitas WXGA lebih baik. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 1,5 jutaan.

FHD

FHD adalah layar Full HD dengan resolusi pixel 1920 x 1080, sering disebut juga dengan layar ukuran 1080p. Resolusi layar FHD umum digunakan di layar monitor dengan ukurang 14 hingga 27 inch dan beberapa untuk 32 inch dengan rasio 16:9. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 2 hingga 3 jutaan.

QHD

QHD adalah layar dengan resolusi pixel 2560 x 1440, QHD merupakan kependekan dari Quad HD dimana kualitas pixel jenis layar ini 4x dari layar HD. Layar QHD disebut juga dengan layar 2K atau juga WQHD (Wide Quad HD).
Secara umum penggunaan layar QHD digunakan pada LED monitor atau smart tv dengan ukuran layar hingga 42 inch. Sementara untuk penggunaan di layar smartphone resolusi QHD ini digunakan di smartphone flagship atau ponsel pintar kelas menengah keatas. keatas (high end). Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 3 hingga 5 jutaan.

UHD

UHD adalah layar dengan resolusi pixel 3840 x 2160, UHD merupakan singkatan dari Ultra HD. Layar UHD menampilkan gambar yang cukup tajam, resolusi UHD ini bisa dikatakan resolusi layar terbaik yang umum digunakan saat ini dan sering disebut juga dengan layar 4k.
Resolusi layar UHD digunakan juga untuk smart TV dan juga penggunaan untuk aktivitas dengan kebutuhan visual yang tajam, rata-rata digunakan untuk layar monitor dengan ukuran diatas 32 inch. Untuk penggunaan diperangkat mobile, resolusi layar ini ditujukan untuk ponsel pintar kelas atas. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 5 hingga 10 jutaan.

8K

Kebetulan saya kurang paham apa nama lain dari layar 8K, yang jelas layar ini memiliki resolusi pixel 7680 x 4320 dan merupakan teknologi dengan resolusi terbaik saat ini. Namun jenis layar ini masih jarang digunakan, selain harganya yang super mahal sebagian besar grafis komputer seperti sekarang ini belum mendukung layar 8K. Namun salah satu pabrikan ternama Dell telah mengeluarkan layar dengan resolusi 8K ini.
Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini adalah puluhan juta rupiah. Jika melirik harga yang ditawarkan Dell, layar monitor 8K ini dibandrol dengan harga berkisar 40 hingga 65 jutaan untuk tahun 2017.
Diatas adalah beberapa jenis resolusi layar dan penjelasannya, lalu jenis layar mana yang terbaik? tentu layar dengan resolusi pixel paling tinggi. Di Indonesia resolusi layar tertinggi saat ini adalah Ultra HD atau 4K yang telah di implementasikan di monitor komputer dan smart TV. Sedangkan layar 8K untuk sekarang ini tahun 2017 sepertinya belum masuk ke Indonesia.


EmoticonEmoticon