Cara setting resolusi layar monitor PC komputer full gambar

Tags
kode iklan



Ketika kita menggunakan laptop atau netbook untuk resolusi display layar monitor sudah otomatis disesuaikan dengan sendirinya. Namun berbeda halnya dengan monitor komputer yang memiliki berbagai variasi resolusi mulai dari HD, Full HD hingga Ultra HD atau layar 4k.
Kebetulan kemarin saya sempat membeli LED monitor Asus beresolusi 2k IPS atau Full HD untuk digunakan sebagai dual monitor atau satu laptop dua layar. Setelah saya konfigurasikan sebagai dual monitor, di monitor Asus saya masih menampilkan resolusi HD atau hanya 1366 x 768 seperti resolusi laptop yang saya gunakan.
Dengan layar yang lebih besar yakni 27 inch tentu gambarnya menjadi kurang tajam karena masih menggunakan resolusi yang sama dengan laptop 14 inch. Ternyata masalahnya adalah karena saya tidak mengatur secara manual resolusi yang digunakan oleh LED monitor Asus tersebut.

Cara setting resolusi layar monitor PC komputer

Sekaligus juga saya ingin share tutorial cara mengatur dan menyesuaikan resolusi LED monitor di komputer, siapa tahu teman-teman juga tengah mengalami permasalahan yang sama. Saat ini saya menggunakan Windows 10 Pro, namun kurang lebih secara garis besar caranya sama dengan Windows 8 atau Windows 7.
  • dilayar depan atau home silahkan klik kanan dan pilih Display Settings
Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)
  • pilih Advance display settings
Cara setting resolusi layar monitor PC komputer
  • di opsi Resolution silahkan atur resolusi monitor komputer kamu, klik Apply untuk menyimpan perubahan
Cara setting resolusi layar monitor PC komputer
Untuk contoh di atas saya menggunakan layar monitor 2k, sebenarnya untuk sekarang ini sudah ada resolusi layar 8k namun masih belum terlalu familiar di kalangan pengguna. Setahu saya resolusi komputer saat ini rata-rata masih di 4k jadi tentunya monitor 8k kurang efisien penggunaannya.
Oh ya jika kamu menggunakan satu komputer untuk banyak layar atau multi monitor, melalui cara diatas kamu bisa juga mengatur resolusi untuk masing-masing layar monitor. Demikian tutorial singkat cara mengatur resolusi display layar monitor komputer semoga membantu.







EmoticonEmoticon