Migrasi Hosting Dari HawkHost Ke MetroWorldHost Langsung Menjadi Sponsorship

Tags
kode iklan


Info-Menarik.NET – Setelah delapan bulan lebih nge-host di HawkHost akhirnya saya memutuskan untuk pindah hosting lagi. Sebetulnya kontrak di HawkHost masih panjang, karena dulu ketika saya daftar di HawkHost langsung membayar kontrak Hosting selama 24 bulan atau 2 tahun. Saat itu saya mengambil paket Primary (Space 10 GB dan Bandwith Unlimited) dengan modal $71.76. Lalu kenapa saya migrasi hosting disaat kontrak masih panjang?
Masalah utamanya akhir-akhir ini blog Info-Menarik.NET sering banget tidak bisa diakses, atau tepatnya blog ini sering mendapat respon :
Network Error (tcp_error)
A communication error occurred: “Operation timed out”
The Web Server may be down, too busy, or experiencing other problems preventing it from responding to requests. You may wish to try again at a later time.
For assistance, contact your network support team.
Menurut info yang tersebar di luar sana katanya penyakit Network Error (tcp_error) bukan terletak pada hosting, server, dan DNS. Katanya masalah tersebut disebabkan oleh koneksi internet. Lalu saya mencoba untuk melakukan cara yang mereka sebutkan yaitu dengan me-restart modem, menghapus cookies dan cache web browser, hingga melakukan flushdns melalui command prompt. Lalu apa hasilnya?
Hasilnya nihil dan blog Info-Menarik.NET masih tetap sering mengalami Network Error (tcp_error). Kasihan kepada pembaca setia blog ini karena sering disuguhi hidangan yang tidak sedap.
Jika masalah Network Error (tcp_error) penyebab utamanya adalah koneksi internet, lalu kenapa saya masih bisa membuka blog-blog lain dengan modem dan provider itu-itu juga? Semakin kuat pendapat saya kalau masalah tersebut bukan terletak di koneksi internet setelah saya mencoba mengakses blog menggunakan modem dan provider lain, hasilnya sama saja. Kemudian saya coba buka blog melalui komputer dan smartphone, sama juga.


Akhirnya saya memutuskan untuk melihat Statistik Resource melalui cPanel, dan ternyata masalah utamanya ada di Hosting. Blog ini telah menghabiskan jatah CPU Usage dimana saat itu sudah mencapai angka 80% bahkan terkadang lebih atau mendekati angka maksimal (100%). Aneh, padahal blog ini tidak mengalami lonjakan trafik yang signifikan menurut data Google Analytic. Bahkan blog ini tidak diamunisi dengan puluhan plugin, hanya 7 plugin saja.
Saya coba hubungi tim support HawkHost dan jawabannya adalah ya begitulah blog ini telah menguras kuota dari yang sewajarnya sehingga mereka terpaksa harus membuat error. Itulah resikonya Shared Hosting ….
Sempat berpikir untuk upgrade paket hosting dan bahkan mau mencoba menggunakan layanan VPS HawkHost. Namun seperti biasa sebelum memutuskan sesuatu hal daripada harus menyesal nantinya maka saya mencoba mencari informasi shared hosting mana yang bisa menampung trafik blog Info-Menarik.NET saat ini. Terus terang layanan VPS HawkHost terlalu mahal untuk kantong saya sekarang belum lagi saya belum begitu paham dengan VPS.
Secara tidak sengaja saya terdampar di website layanan VPS dan Shared Hosting dalam negeri. Awalnya saya sudah pernah membaca sekilas tentang review WEB Hosting ini dari blog sebelah.
Migrasi Hosting Dari HawkHost Ke MetroWorldHost
Di MetroWorldHost saya mencoba berbincang-bincang dengan Team Supportnya. Saya sebutkan apa penyebab masalah Network Error (tcp_error) seperti yang sedang dialami blog Info-Menarik.NET, jawabnya itu dia Resource Limit dari Hosting. Kemudian Support MetroWorldHost menyarankan untuk mencoba paket layanannya. Saya diperintah untuk mencoba dulu Paket Hosting Tier VI yang ada dideretan paket Medium Power. Awalnya saya ragu karena melihat spesifikasinya dibawah paket hosting yang dulu saya sewa di HawkHost. Di MetroWorldHost Paket Hosting Tier VI Space 5 GB dan RAM 512 MB. Daripada terus bertanya-tanya tidak ada salahnya untuk mencoba. Saya coba kontrak hosting di MetroWorldHost untuk paket Tier VI selama 3 bulan. Kurang dari 1 jam blog Info-Menarik.NET sudah online menggunakan Shared Hosting MetroWorldHost.
Baru 4 hari blog ini menggunakan Shared Hosting di MetroWorldHost dan sejauh ini belum mengalami kendala apapun yang berarti. Sempat mengalami Error 503 namun secepatnya Team Support MetroWorldHost mengatasinya.
Sementara ini saya belum bisa memberikan review lengkap tentang MetroWorldHost karena tergolong masih baru menggunakan Shared Hosting MetroWorldHost. Yang jelas yang saya sukai dari MetroWorldHost adalah pelayanan Team Support yang cepat tanggap dan ramah.
Iseng-iseng saya mau pasang banner MetroWorldHost untuk menggantikan banner kosong di header. Namun saya ditawari untuk mengajukan sponsor di MetroWorldHost. Saya terima saja karena lumayan imbalannya adalah kedepannya blog ini tidak perlu dipusingkan lagi dengan biaya hosting per-bulan.
Jika Anda tertarik ingin mencoba mengajukan sponsor di layanan MetroWorldHost, Insya Allah kedepannya saya akan share caranya disini. Saat ini blog Info-Menarik.NET resmi telah menjadi sponsorship di layanan MetroWorldHost.

http://info-menarik.net/migrasi-hosting-dari-hawkhost-ke-metroworldhost/


EmoticonEmoticon